Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 27 Juni 2017 14:07
VIDEO KLIP KOALISI PRAHARA

Media Israel Kecam Video Nazi Ahmad Dhani

Print

Seruu.com - Penampilan Ahmad Dhani berseragam ala Nazi pada video klip kampanye capres Prabowo Subianto masih menuai kontroversi. Kali ini giliran media Israel ikut mengomentari ulah bos Republik Cinta Management itu.

The Times Of Israel, media Israel berbahasa Inggris yang turut menyorot ulah Dhani dalam video itu. "(band) Queen, Nazisme, dan lirik bahasa Indonesia, terdengar seperti kombinasi yang aneh. Tetapi dalam musim pemilu di sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara dengan penduduk seperempat miliar, apa pun bisa terjadi," tulis The Times Of Israel pada lead pembuka, yang dikutip hari ini, Kamis (26/6/2014).

Media tersebut juga menuding Dhani bagian dari Yahudi, "Lepas dari berbagai kritik, Dhani yang menjadi bagian dari Yahudi, tidak menyesal," ulasnya.

Pemberitaan dari media internasional mengenai aksi Dhani ini bukan kali pertama. Media online Der Spiegel dari jerman dan portal berita Time sudah mengeluarkan pemberitaan ini sebelumnya dengan mengambil sudut pandang tentang Indonesia dan ikon Nazi yang melekat pada diri Dhani.

Segala yang terkait dengan Nazi memang bukan hal remeh. Ini bukan tanpa alasan. Jutaan manusia dibunuh secara keji oleh pengikut Nazi hanya karena mereka memiliki ras dan ideologi berbeda. Israel yang mayoritas penduduknya berasal dari bangsa Yahudi memiliki pengalaman tersendiri dengan fasisme yang berkibar di Jerman dan Italia pasca 1900-an.

Kata Nazi dan fasisme belakangan kembali menggema setelah kemunculan Ahmad Dhani memakai kostum serupa seragam petinggi Nazi, Heinrich Himmler, dalam video klip kampanye untuk calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo-Hatta.

Dhani sendiri telah membantah tudingan menganut fasisme yang dialamatkan kepadanya. Penggunaan seragam Nazi itu, kata Dhani, tanpa memiliki maksud tersembunyi dan murni dilakukan untuk kepentingan pembuatan video klip semata. [ndis]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist