Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 12:07
PEMILU 2014

Kampanye Arak-arakan Dilarang

Print
Kampanye sosialisasi pemilu di Purbalingga. (Foto: Prayitno/Seruu.com)

Purbalingga, Seruu.com  - Kampanye Partai Politik (Parpol) dengan arak-arakan di jalan umum dilarang keras. Budaya santun dan tertib diminta lebih diutamakan dalam pelaksanaan kampanye terbuka yang dijadwalkan akan berlangsung mulai 16 Maret-5 April 2014 mendatang.

Kasatlantas Polres Purbalingga (Jateng), AKP Margono mengatakan, pihaknya tidak segan menindak tegas peserta arak-arakan yang menggunakan kendaraan bermotor.

’’Arak-arakan berpotensi memicu ketegangan antara simpatisan parpol dan masyarakat serta mengganggu aktivitas warga lain yang tidak ikut kampanye,’’ kata AKP Margono di sela-sela pencanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di GOR Goentor Daryono, Minggu (9/3/2014).

Dalam kesempatan itu, juga digelar jalan sehat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga, untuk mensosialisasikan  bahwa Pemilu 2014 akan digelar Rabu (9/4/2014) mendatang.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto, Ketua DPRD Tasdi, dan ratusan massa peserta jalan sehat dari berbagai kalangan, diantaranya jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panwaskab, Panwascam, dan masyarakat umum.

Dikatakan Margono, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU , yakni  melakukan antisipasi dengan membuat pemetaan tempat-tempat yang akan digunakan untuk kampanye dan matrik izin kampanye. Diharapkan tidak terjadi duplikasi izin kampanye yang bisa disalahgunakan. ’’Implikasi arak-arakan kampanye besar, tidak hanya memacetkan lalu lintas, tapi juga benturan kepentingan,’’ tuturnya,

Menurut Margono, pihaknya menempuh kebijakan tersebut karena pergerakan massa yang rentan terjadi benturan, sementara jumlah personel polisi terbatas. Dia meminta, satgas tiap parpol turut membantu ketertiban selama kampanye berlangsung.

Margono juga menegaskan, Pemilu disebut sukses bila berlangsung tertib dan aman. Kesuksesan Pemilu diukur bukan dari kemenangan parpol dalam mengantongi dukungan dan suara terbanyak. “Kami mengimbau kepada komponen parpol dan caleg untuk mengikuti aturan kampanye yang ada, termasuk aturan berlalu-lintas,’’ katanya. [PY]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist