Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:34
PEMILU 2014

KPUD Kota Makassar 1.500 Surat Suara Rusak

Print
Surat Suara. (Foto: Istimewa)

Makassar, Seruu.com - Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Makassar sudah mencapai 80 persen. Dari proses penyortiran tersebut, banyak ditemukan surat suara yang rusak, karena berlepotan tinta, robek dan kusut.

''Sampai saat ini kami menemukan 1.500 lembar surat suara yang rusak,'' kata Ketua Divisi Logistik KPUD Kota Makassar, Andi Syamsuddin, Sabtu (8/3/2014).

KPUD Kota Makassar mendapatkan kiriman surat suara sebanyak 4.035.000 lembar untuk DPR RI, DPD, DPRD Sulsel dan DPRD Kota Makassar. Saat ini sedang berlangsung proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang dikerjakan oleh 450 orang tenaga kerja.

Diperkirakan penyortiran dan pelipatan surat suara ini akan tuntas dalam waktu kurang dari dua minggu. ''Surat suara mulai disortir dan dilipat sejak Jumat (28/2) lalu dan akan diiperkirakan tuntas pada Minggu (9/3) ini,'' ujar Syamsuddin.

Selain surat suara, untuk kebutuhan kotak dan bilik suara, KPUD Kota Makassar mendapatkan tambahan 1.000 kotak bilik suara dari karton kedap air untuk 2.563 tempat pemungutan suara (TPS). ''Kotak suara masih menggunakan yang lama dari aluminium. Hanya bilik suara saja yang kurang dan sudah mendapat tambahan 1.000 kotak yang terbuat dari karton kedap air,'' tutur Syamsuddin.

Diungkapkan Syamsuddin kertas surat suara yang rusak, selanjutnya akan dimusnahkan yang disaksikan KPUD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Pengawas Pemilu (Panwaslu) Provinsi Sulsel, Panwaslu Kota Makassar, dan pihak keamanan dari kepolisian.

''Setelah dimusnahkan kami akan buat berita acaranya yang diserahkan ke KPUD Provinsi Sulsel lalu dikirimkan ke KPU Pusat untuk diminta gantinya,'' jelasnya. [ROL]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist