Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 25 Juni 2017 21:03
PEMILU 2014

Persiapan Logistik Pemilu DKI Lancar

Print

Jakarta, Seruu.com - Proses persiapan logistik di tiga lokasi posko logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) wilayah DKI Jakarta, terpantau lancar, Kamis.

Posko logistik KPU Jakarta Pusat di Jalan Mardani Raya, Jakarta Pusat tercatat telah menerima 2.332.110 surat suara yang terdiri atas surat suara DPR, DPD dan DPRD.

Posko tersebut mempekerjakan 30 orang yang bertugas menyortir dan melipat surat suara. Mereka bekerja sejak 26 Februari hingga 26 Maret 2014. Mereka mendapat upah Rp100 tiap lembar surat suara.

Sementara pengamanan di posko tersebut dilakukan oleh Polsek Cempaka Putih.

"Pengamanannya oleh Polsek Cempaka Putih, setiap tiga jam diawasi oleh tiga polisi, aplusan sampai pagi," kata anggota KPU Jakarta Pusat Pokja Logistik, Imam Hidayat.

Sementara kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk wilayah Jakarta Barat berlangsung di GOR Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sebanyak 350 orang dikerahkan untuk kegiatan tersebut dengan masa kerja dari 5 Maret--15 Maret 2014. Mereka diupah Rp100 per lembar surat suara.

"Mereka masyarakat setempat yang berasal dari berbagai kecamatan. Ada yang dari Kecamatan Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah dan Cengkareng. Mereka dikoordinir oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)," kata Ketua KPU Jakarta Barat Sunardi Sutrisno.

Sunardi mengatakan pihaknya telah menerima hampir lima juta surat suara dari KPU Pusat.

Sejak Rabu hingga Kamis, tercatat pihaknya telah memproses sebanyak 214.474 surat suara dengan 214.233 surat suara berkondisi baik dan 241 sisanya berkondisi cacat atau rusak.

"Rusaknya ada yang karena robek, bolong, ada bercak tinta, kertasnya tidak sempurna," kata dia.

Terkait pengamanan, menurut dia, tiap 10 pekerja diawasi oleh satu orang pengawas. Selain itu, pekerja yang keluar masuk area GOR selalu digeledah untuk menghindari adanya pencurian surat suara oleh pekerja.

Sementara posko logistik KPU Jakarta Selatan telah menerima sebanyak 4.765.000 surat suara untuk surat suara DPR,DPD dan DPRD.

Ketua KPU Jakarta Selatan, M. Ikbal mengatakan pihaknya mempekerjakan 55 orang untuk menyortir dan melipat surat suara.

"Besok akan ditambah jadi 150 orang dan pada Minggu (9/3) jadi 250 orang," kata Ikbal.

Dengan penambahan pekerja, pihaknya menargetkan untuk bisa memproses minimal 500 ribu surat suara per hari.

Menurut dia, para pekerja tersebut dipekerjakan sejak 3 Maret--24 Maret 2014 dengan jam kerja mulai pukul 08.00 hingga pukul 24.00 secara bergantian (shift).

Berbeda dengan dua posko logistik di Jakpus dan Jakbar, para pekerja posko logistik Jakarta Selatan berasal dari orang-orang yang pernah bekerja di percetakan.

Para pekerja, menurut dia, diberi upah Rp120 per lembar surat suara. Hingga Kamis (6/3), posko logistik KPU Jaksel telah memproses sebanyak 500 ribu surat suara. [Ant]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist