Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:29
PEMILU 2014

PDIP Kalteng Sudah Sediakan 12 Ribu Saksi

Print

Palangkaraya, Seruu.com - Dewan Pimpinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kalimantan Tengah akan merekrut dan menyebarkan sekitar 12.000 saksi untuk pemilihan legislatif 9 April 2014.
Jumlah tempat pemungutan suara di provinsi ini berkisar 6.000, sehingga setiap TPS akan ditempatkan dua saksi, kata Ketua DPD PDIP Kalteng Renhard Atu Narang saat rapat kerja koordinasi daerah di Palangka Raya, Jumat.

"Keberadaan saksi sangat penting untuk pemenangan dan mengawasi agar tidak terjadi kecurangan saat pemungutan suara di TPS. Jadi 12.000 saksi itu nantinya akan kami berikan pembekalan," katanya.

Sebelum dilakukan perekrutan terhadap 12.000 orang saksi, PDIP akan memberikan pembekalan kepada para pelatih saksi pemilu mulai tingkat TPS, PPS, PPK hingga KPU kabupaten, kota dan provinsi. Ketua DPD PDIP Kalteng mengatakan para pelatih itulah nantinya akan menularkan pengetahuan, cara mengawasi di setiap TPS, upaya kecurangan dan hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan saksi.

"Intinya kami menganggap keberadaan saksi pemilu penting dalam upaya meraih kemenangan," kata Atu yang juga Ketua DPRD Kalteng itu.

Ia optimistis partai berlambang banteng itu akan kembali menjadi pemenang untuk kali keempat secara berturut-turut di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu. Hanya, kata dia, sekarang ini semua partai politik peserta pemilu menjadi lawan berat untuk mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat, sehingga para pengurus, calon anggota legislatif dan kader PDIP harus bekerja keras, kerja cerdas dan gotong royong agar menjadi pemenang.

"Kami memasang target pencapaian caleg harus meningkat dibandingkan tahun 2009. Kalau sebelumnya kursi PDIP asal Kalteng di DPR RI hanya dua, maka 2014 ini harus menjadi tiga. Begitu juga di tingkat provinsi maupun kabupaten kota," kata Atu.

Dalam rakorda PDIP Kalteng itu rencana awalnya mengundang dan mengumpulkan sekitar 3.000 pengurus, caleg maupun kader, namun karena kapasitas hotel di Palangka Raya tidak mampu menampung sehingga dikurangi dan diwakili beberapa pengurus.

Rakorda tersebut bertujuan memantapkan ideologi, konsolidasi struktural partai, evaluasi program kerja, penentuan kebijakan strategis menjelang pemilu dan pembekalan bagi struktural maupun pelatih saksi pemilu.
"Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto dan fungsionaris PDIP Kalteng Agustin Teras Narang nantinya akan memberikan arahan terkait pemilu legislatif. Kami yakin PDIP akan kembali menjadi pemenang di Kalteng," jelas Atu. [Ant]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist