Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:29
PEMILU 2014

Datangi KPU, ILUNI UI Dukung Pemilu Jujur

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaksanaan pemilu, Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Indonesia  memberikan pernyataan sikap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Event lima tahunan itu disinyalir ada gerakan dan anasir-anasir politik yang ingin menggagalkan pemilu.

Terkait hal itu Ketua Umum ILUNI UI, Chandra Montik menjelaskan, pernyataan sikap ini sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada KPU untuk dapat melaksanakan pemilihan umum dengan baik dan jujur, adil dan rahasia.

"ILUNI mengecam semua tindakan yang ingin menggagalkan pemilu oleh siapapun, termasuk grakan dan anasir-anasir politik, baik itu secara terang-terangan mauapun secara terorganisir dan dilakukan secara sengaja," ujar Montik, di gedung KPU, Selasa (25/2/2014).

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan pemilu kali ini, sangat rentan dengan berbagai kecurangan. Maka atas kecurigaan tersebut, untuk bisa menciptakan pemilu yang sesungguhnya adil, ILUNI mendorong agar KPU bisa bertindak netral dan bebas dari tekanan apapun.

"Siapapun yang akan membuat pemilu tidak netral, maka akan membuat rakyat sengsara," ujarnya.

Berbagai usulan yang disampaikan oleh ILUNI kepada KPU, dijelaskan Montik, memuat berbagai pernyataan sikap,  salah satunya adalah meminta KPU untuk dapat melibatkan semua anggota masyarakat dalam saksi perhitungan suara di setiap TPS.

Di sisi lain KPU harus melakukan pengambilan gambar (foto) sebagai arsip dan pegangan masyarakat untuk bukti otentik.

"Jumlah pemilih dan surat suara juga harus dipublikasikan dengan jelas di website resmi KPU. Ini penting guna mengawasi perhitungan suara dan meningkatkan kepercayaan masyarakat,"pungkas Montik. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist