Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 12:08
PEMILU 2014

Polri: Provokator Pasti Ada di Pemilu 2014

Print
Irjen Pol Ronny F Sompie. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengakui bahwa potensi konflik pada penyelenggaran Pemilu 2014 masih besar. Namun, seberapa besar tingkat kerawanannya, tergantung pada seberapa besar para oknum yang tak bertanggung jawab melakukan provokasi kepada masyarakat.

"Indonesia bagian Timur ya (rawan konflik), tapi di Jawa pun banyak. Tergantung ada tidaknya provokator. Siapa itu? Perlu kita cegah pengaruhnya," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Irjen Pol Ronny F Sompie dalam diskusi 'Pemilu 2014 Bersih?', di kawasan Menteng, Jakarta, Senin 24 Februari 2014.

Ronny mengatakan pihaknya sudah melakukan kajian terhadap pelaksanaan Pemilukada tahun 2012-2013. Hasilnya, mereka mencatat sepanjang tahun itu, konflik terjadi dari persiapan, pelaksanaan, dan paska Pemilukada berlangsung. Bahkan sampai ke MK.

"Dari data tersebut, kami bisa memetakan daerah yang rentan kepada konflik," ujar Ronny.

Ronny juga mencatat konflik dari para pihak yang bersaing di daerah juga dipicu oleh pihak ekternal yaitu daerah lain, dan juga pusat. Oleh karena itu, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk turut membantu Polri melaksanakan langkah pencegahannya.

"Kita harus bergandengan tangan. Sudah sangat jelas, kawan media lebih tahu karena memiliki jaringan di daerah-daerah. Saya di pusat. Justru hanya terima laporan. Tapi pada intinya, Polri siap dengan daerah yang rentan konflik," pungkas Ronny. [BWO]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist