Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 27 Juli 2017 21:41
PEMILU 2014

Golput Bisa Langgengkan Kekuasaan Penguasa yang Jahat

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Persekutuan Gereja-gereja se-Indonesia (PGI) menyerukan kepada umat Kristiani untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu dan Pilpres 2014.

"Berpartisipasi dalam pemilu adalah bagian dari pertanggungjawaban moral dan iman," ujar Ketua Umum PGI, Andreas Yewangoe, di Wisma PGI, Menteng, Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Walau demikian, Yewangoe bisa memaklumi adanya fakta bahwa tingkat kekecewaan rakyat terhadap partai politik (Parpol) begitu tinggi, dan hal itu dapat dilihat dari hasil-hasil survei yang terpercaya. Namun, Yewangoe tetap mengingatkan kepada masyarakat bahwa pilihan golput berpotensi menimbulkan hal-hal yang merugikan negara.

Yewangoe mencontohkan sejarah penguasa Nazi Jerman, Adolf Hitler, mulai berkuasa di negaranya pada tahun 1939, karena tingginya tingkat apolitis warga Jerman.

Yewangoe mengatakan memang saat ini sulit mencari pemimpin yang baik. Tapi jika masyarakat memilih yang terbaik dari antara yang kurang baik itu, dan mau mengawasinya terus menerus, maka sangat mungkin ada perkembangan ke titik perubahan positif Indonesia.

"Kami juga menyerukan jangan terlibat dalam politik uang, itu tidak memurnikan demokrasi di Indonesia," pungkas Yewangoe. [BWO]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist