Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:27
PEMILU 2014

Sepuluh Potensi Masalah Pemilu Versi LPI

Print
Direktur LPI Boni Hargens. (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis 10 potensi masalah dalam pemilihan umum (Pemilu) 2014. Beberapa di antaranya yaitu permasalahan sosialisasi kandidat calon legilatif yang tidak optimal.

"Sosialisasi tidak optimal karena didominasi oleh sosialisasi sosok atau figur, bukan sosialisasi ideologi dan program kerja yang dijalankan pada periode 2014-2019," ujar Direktur LPI Boni Hargens dalam diskusi bertajuk "10 Potensi Masalah Pemilu 2014", di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (9/2/2014).

Kedua, menurutnya yaitu model kampanye partai politik (Parpol) masih bertumpu pada politik visual dengan menjual figur.

"Ketiga kecurigaan terhadap netralitas KPU sebagai penyelenggara pemilu masih menjadi beban berat bagi partai politik dan masyarakat pemilih," ujarnya.

Selain itu, permasalahan daftar pemilih tetap (DPT) yang belum tuntas, juga turut menyumbang masalah pemilu 2014. Hal lain yang mejadi potensi masalah pemilu yaitu adanya dana saksi parpol yang berasal dari negara.

"Dana saksi dinilai oleh masyarakat tidak tepat sasaran karena seharusnya partai menyiapkan dana sendiri untuk membayar para saksi partai yang ditempatkan di seluruh TPS," ucapnya. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist