Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:49
PEMILU 2014

LIMA: Baiknya Bawaslu Tolak Dana Saksi Parpol

Print
Ray Rangkuti. (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Polemik soal dana saksi parpol sudah semestinya diakhiri dengan menyatakan bahwa rencana itu dibatalkan.

Hal itu diungkapkan Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti kepada Seruu.com melalui pesan singkatnya, Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, penolakan yang massif dari masyarakat dan juga sebagian partai politik (Parpol), hampir tak ada lagi alasan untuk terus ngotot mempertahankan rencana tersebut.

"Hampir semua lembaga negara yang berkecimpung dalam pengawasan keuangan negara seperti KPK dan BPK juga telah menyatakan pendapat bahwa pemberian dana saksi parpol tersebut berpotensi melanggar ketentuan pengelolaan keuangan negara," ujarnya.

Sementara, lanjut Ray,  tiga pihak yang bersepakat mencairkan dana tersebut malah sibuk saling lempar tanggungjawab.

"Itu artinya di antara parpol, pemerintah dan Bawaslu sendiri sudah memperlihatkan sikap tidak bertanggungjawab," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Ray, baiknya Bawaslu, pemerintah dan partai pengusul segera membatalkan rencana ini. Khususnya kepada Bawaslu lebh baik fokus pada tupoksinya.

"Yakni mengawasi pelaksanaan pemilu agar tidak terjadi pelanggaran dalam semua tahapan. Rencana merka untuk merekrut mitra PPL terlihat belum rapi," ucap Ray.

Dia pun mengungkapkan, dengan hanya tersisa dua bulan pemilu, wacana 1 juta mitra PPL itu, tidak dapat terealisasi.

"Sampai sekarang, tak terdengar berapa total jumlah mitra PPL yang sudah direkrut," bebernmya.

"Belum lagi berbicara verifikasi adminstrasi satu persatu mitra yang berjumlah 1 juta orang, ditambah dengan pelatihan dan pembuatan regulasi mereka, agak sulit membayangkan rencana ini bisa berjalan mulus dalam 2 bulan ke depan dalam kondisi fokus sekalipun," sambung ray.

"Tambah rencana merekrut 1 juta relawan yang dikelola pokja nasional di bawah koordinasi Bawaslu. Jadi Bawaslu baiknya segera berlepas diri dari soal dana saksi partai dan kembali fokus pada pengawsan pemilu, " pungkas Ray. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist