Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 27 Juni 2017 14:13
PEMILU 2014

KPU Siap Awasi Lembaga Survei Nakal

Print

Jakarta, Seruu.com - Maraknya lembaga Survey yang bermunculan akhir-akhir ini menjelang Pemilu 9 April 2014 cenderung membingungkan, dan membuat opini publik yang simpang siur.

Hal itulah kenapa diperlukan aturan yang mengikat terkait maraknya peluncuran lembaga survey tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU Sigit Pamungkas mengatakan, bahwa survei merupakan sebuah profesi kepercayaan. Artinya sekali saja lembaga survei tersebut tidak baik maka kedepannya tidak akan dipercaya oleh publik. Oleh karena itu, Sigit menegaskan untuk lembaga survey bisa berperan sebagai lembaga profesi harus benar-benar profesional.

"Jadi sangat penting KPU untuk menerima pendaftaran lembaga-lembaga survei, dan jika tidak kita akan menginformasikan kepada publik terkait lembaga surfei yang diragukan tersebut," kata Sigit di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Kedepannya, lanjut Sigit, KPU akan mengawasi, menegur, bahkan akan melarang lembaga survei tersebut berdiri dan menyerahkan lembaga tersebut kepada dewan etik yang baru saja akan dibentuk oleh KPU.

Namun, Sigit enggan untuk membicarakan terkait denda, sebab wewenang hukum dan denda ada ditangan DPR. "Kalau dari denda dan pidana itu bukan ruang KPU tetapi itu urusan DPR," tutup dia.

[Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist