Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:47
PEMILU 2014

PDIP dan NasDem Sepakat Lembaga Survei Ditata KPU

Print

Jakarta, Seruu.com- Maraknya lembaga Survey yang bermunculan akhir-akhir ini, cenderung membingungkan. Bahkan tidak sedikit kalau survey yang muncul seolah terdengar seperti diciptakan dan seperti hasil titipan oleh partai politik tertentu.

Sekjend Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Patrice Rio Capella mengaku geram dengan maraknya lembaga-lembaga survey tersebut. Menurutnya, lantaran pendirian lembaga survey tidak memerlukan ijin, mereka seperti bebas untuk mendirikan lembaga tersebut. Atas dasar itulah, Rio meminta kepada lembaga KPU untuk bisa membuat aturan terkait lembaga survey.

"Lembaga survey itu harusnya punya ijin dari KPU, jadi nanti kedepan ada lembaga survey yang diawasi dan bisa juga disurvey," kata Rio saat menjadi pembicara dalam diskusi mingguan Komunitas Jurnalis Pemantau Pemilu (KJPP) di gedung KPU, Selasa (28/1/2014).

Rio menambahkan, Survey-survey yang beredar pada dasarnya banyak yang abal-abal yang sengaja diciptakan untuk sebuah kepentingan tertentu. Hal inilah yang menciptakan emosional di masyarakat terhadap lembaga survey.

"Jangan sampai ada lembaga survey yang kena tinju lagi. Jangan bermain-main sama survey abal-abal itu, karena emosional orang akan tinggi," tutup Rio

Sementara, Wasekjend Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Hasto Kristianto menilai bahwa, PDIP hanya melihat survey tak ubahnya kamera foto, dimana hasilnya hanya bisa dilihat. Namun begitu, Hasto mengakui kalau lembaga survey yang bermunculan saat ini juga banyak didukung dengan metodologi tertentu, sehingga bisa memberikan keobjektifitasan.

"Survey bisa melihat objektifitas, ketika partai merespon terkait pemetaan yang akurat. Lembaga survey tentu menjadi  alat regulasi pengaturan. Survey kedepan bisa menjadi industri besar," tegasnya.

[Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist