Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 25 Juni 2017 21:02
PEMILU 2014

Bawaslu Sinyalir 169 Daerah Rawan Kecurangan Pemilu

Print

Jakarta, Seruu.com - Menghitung hari Pemilu 2014, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mensinyalir ada beberapa daerah di antaranya rawan dari ancaman keamanan saat pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014.

"Dari kajian yang telah dilakukan Bawaslu terhadap 510 Kabupaten/kota di Indonesia, Bawaslu memantau sebanyak 169 masuk kategori sangat rawan. Sementara, 51 daerah dianggap rawan dan 290 daerah dianggap aman," kata Anggota Bawaslu Daniel Zuchron di Kantor Bawaslu, Jakarta, Minggu (26/1/2014).

Ditambahkan dia, Salah satu tugas Bawaslu adalah melakukan upaya-upaya pencegahan. Dengan demikian, kata dia, Bawaslu secara yuridis diperintahkan untuk menyiapkan langkah-langkah yang sistematis sebagai bentuk tindakan antisipatif terhadap kemungkinan terjadinya kerawanan dalam pelaksanaan tahapan pemilu.

"Bawaslu memfokuskan faktor kerawanan pemilu pada tahapan pencoblosan dan penghitungan suara DPR, DPD, dan DPRD, pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT), logistik pemilu, serta kampanye pemilu, " jelasnya.

Menurut dia, peta rawan daerah saat pemilu bakal dijadikan panduan dan penentuan kebijakan untuk menetapkan metode dan strategi pengawasan berdasarkan kajian mendalam yang dilakukan Bawaslu.

"Karena di ketentuan Pasal 73 Ayat (2) Undang-undang Nomor 15 tahun 2011 mengatur ketentuan bahwa Bawaslu selain mempunyai fungsi pengawasan, maka tugas Bawaslu lainnya adalah soal pencegahan, " tutup dia.

[Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist