Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 25 Juni 2017 21:04
UU PILPERS

Andai Dipenuhi MK, KPU Laksanakan UU Pilpers

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan melanjuti gugatan nomor 42 tahun 2008 tentang pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 yang dilayangkan Calon Presiden Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra. Hal itu berlaku jika Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan Yusril.

"Siap. Waktu kan nanti kita atur, kita hitung lagi kan? Walaupun semuanya akan cukup rumit persiapan-persiapannya," kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (21/1/2014).

Ditegaskannya,  KPU bakal mempersiapkan segala konsekuensinya termasuk soal persiapan tahapan pemilu legislatif dan presiden yang semakin sempit.

Menurut Hadar, soal Undang-Undang Pilpres bukan domain dan otoritas KPU. Dia mengaku dikabulkannya UU tersebut menjadi kewenangan MK dan para pihak penggugat.

"Oleh karena itu kalau nanti dikabulkan, tentunya kami akan melaksanakan," tegasnya.

Hanya saja, tambah Hadar, KPU harus mempersiapkan ulang semua tahapan pemilu termasuk soal proses penyebaran dan distribusi kebutuhan logistik yang harus tersebar paling lambat dua pekan sebelum pemilu legislatif 9 April 2014 mendatang.

"Kemudian pelatihan-pelatihan petugas, peraturan-peraturan banyak yang harus diubah. Kemudian juga pemahaman masyarakat, karena ini kan pemahamannya terpisah sekarang harus dijadikan satu," paparnya.

Untuk diketahui, hari ini, Selasa (22/1/2014) Mahkamah Kontitusi (MK) bakal melaksanakan sidang perdana gugatan Undang-Undang nomor 42 tahun 2008 tentang pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Dan pasal yang diuji yaitu Pasal 3 ayat 4, Pasal 9, Pasal 14 ayat 2 dan Pasal 112 UU Nomor 42 tahun 2008 tentang pemilihan presiden dan wakil presiden terhadap Pasal 4 ayat 1, Pasal 6a ayat 2, Pasal 7c, Pasal 22e ayat 1 2 dan 3 UUD tahun 1945.

Poin terpenting dari gugatan Yusril terkait penyelenggaraan pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan secara serentak. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist