Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 27 Juni 2017 14:12
PEMILU 2014

Distribusi Logistik Pemilu 2014 Ditargetkan Selesai Akhir 2013

Print

Semarang, Seruu.com - Proses pendistribusian sebagian keperluan logistik Pemilihan Umum 2014 yang dilakukan secara bertahap di Provinsi Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

"Pendistribusian keperluan logistik Pemilu 2014 seperti karet, plastik, pena hingga bilik kotak suara kami targetkan selesai akhir 2013, sedangkan tinta dan surat suara baru akan didistribusikan pada 2014," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan terdapat kekurangan jumlah kotak suara di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Banjarnegara karena berbagai sebab seperti rusak atau hilang dicuri.

"Terkait dengan kekurangan jumlah kotak suara di beberapa daerah, KPU Jateng akan segera mengirimkan yang baru," ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Wonogiri itu.

Ia menjelaskan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2014 berbeda dengan kotak suara sebelumnya yang berbahan aluminium dan sebagian besar disimpan oleh masing-masing KPU kabupaten/kota.

"Kotak suara yang baru berbahan kardus antiair dan sekali pakai dengan pertimbangan agar tidak menyulitkan penyimpanan," katanya.

Pertimbangan lain mengganti secara bertahap kotak suara berbahan aluminium dengan yang berbahan kardus antiair, kata Joko, biaya sewa gudang untuk penyimpanan kotak suara setelah selesai digunaka itu sangat besar.

"Di beberapa daerah tidak mempunyai fasilitas gudang tempat penyimpanan kotak suara dan kalaupun ada kapasitasnya tidak cukup besar untuk menampung semuanya," ujarnya.

Jumlah tempat pemungutan suara di Jateng tercatat 77.693 buah dan untuk satu TPS rata-rata ada empat bilik serta empat kotak suara untuk pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. [Ant]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist