Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:38
PMILU 2014

Jelang Pmilu 2014, KPU Dimunta Bertindak Tegas

Print
Foto: Ilustrasi

Mataram, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dituntut untuk bersikap tegas dalam merespons dinamika perpolitikan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

KPU merupakan lembaga independen yang dibentuk untuk menyelenggarakan Pemilu yang transparan dalam percaturan politik

"KPU merupakan lembaga independen yang dibentuk untuk menyelenggarakan Pemilu yang transparan dalam percaturan politik," kata Koordinator Lapangan (Korlap) Gerakan Bersama Pemuda dan Mahasiswa Bima (Gebpmabi) Mataram, M Rizal di Mataram, Rabu.

Saat melakukan unjuk rasa yang dipusatkan di Jalan Udayana Mataram, dia menjelaskan, ketidakberfungsian lembaga KPU sering disebabkan adanya praktik politik uang atau keberpihakan KPU terhadap salah satu kandidat partai politik.

Hal itu, katanya, dapat melahirkan konflik sosial dan disfungsional sosial yang berkepanjangan di tengah masyarakat, dan hal ini terbukti dengan pembakaran kantor bupati di berbagai daerah di tanah air.

Dikatakannya, studi kasus pemilihan Wali Kota Bima yang saling mengklaim bahwa ada kecurangan yang dilakukan oleh beberapa kandidat sehingga keributan pun tidak terhindarkan, sehingga persoalan tersebut harus diselesaikan secara hukum. Sebab, masing-masing calon melayangkan gugatan kepada pengadilan. Di samping, itu juga terjadi kasus sabotase terhadap sejumlah kantor desa di NTB akibat politik adudomba yang dilakukan oleh para kandidat yang tidak mau menerima kekalahan.

Untuk itu, Gebpmabi mendesak kepada KPU untuk bekerja secara efektif dan tegas. Demikian juga, aparat kepolisian agar bersikap tegas dalam mengambil tindakan ketika melihat adanya persoalan yang ditimbulkan oleh Pemilu. [ant]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist