Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:41
PEMILU 2014

Pemilu Demokratis, Penyelenggaranya Harus Bersinergi

Print
Jimly Assiddiqie

Jakarta, Seruu.com - Pemilu 2014 tinggal menghitung bulan. Perhelatan politik empat tahunan itu diharapkan berjalan demokratis. Karena itu, Penyelenggara pemilu harus bersinergi.

Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) mengaku siap menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

"Kita barusan rapat dalam rangka mengoptimalkan tata laksana antara KPU, Bawaslu dan DKPP. DKPP akan dan siap bekerja sama dengan KPU, Bawaslu,," ujar Ketua DKPP, Jimly Assiddiqie, di Jakarta, Senin (16/12).

Alasan dibentuknya satu mekanisme kerja tersebut, kata Jimly, menyusul keluhan berbagai masyarakat, terkait hubungan komunikasi KPU, Bawaslu dan DKPP.

"Tidak lagi seperti dikeluhkan orang, dimana antara satu dan lainnya saling sendiri-sendiri. Ini lebih ke mekanisme kerja, cara mengawasi bagaimana, cara diawasi bagaimana, cara orang melakukan pelanggaran kode etik bagaimana," ungkapnya.

Meskipun terjalin kerjasama, Jimly menegaskan pihaknya akan tetap independen dalam melakukan pemeriksaan terhadap adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh KPU maupun Bawaslu.

"Meskipun masing-masing (KPU, Bawaslu, DKPP) tetap independen. DKPP tetap independen dalam memeriksa dugaan-dugaan pelanggaran kode etik, " demikian Jimmly.

Sekedar info, sejumlah pihak termasuk pengamat berharap lembaga penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) bekerjasama membangun pemilu yang jujur dan demokratis. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist