Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:42
PEMILU 2014

KPU Ancam Eliminasi Parpol yang Tak Lapor Dana Kampanye

Print
Foto : Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengancam akan mengeliminir partai politik yang tak melaporkan dana kampanye dari kepesertaan pemilihan umum (KPU) 2014.

Komisioner KPU Ida Budhiati, menjelaskan, laporan dana kampanye dibagi dalam tiga periode. Periode pertama adalah laporan sumbangan dana kampanye yang batasnya sampai 27 Desember 2013.

"Hingga saat ini belum ada yang melaporkan," ujar Ida Budhiati di kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/13).

Periode berikutnya, sambung Ida, Maret 2014, yaitu selain sumbangan dana kampanye juga laporan awal dana kampanye.

"Ini meliputi penerimaan dan pengeluaran dana kampanye," tutur Ida.

Pada periode kedua itu, Ida menegaskan, parpol wajib melaporkan seluruh catatan penerimaan dan penggunaan dana kampanye. Hal ini penting untuk transparansi dan akuntabilitas peserta Pemilu.

"Jika parpol terlambat melaporkan hingga 2 Maret 2014, mereka akan didiskualifikasi sebagai peserta Pemilu," tandas Ida.

Periode ketiga laporan dana kampanye adalah 15 hari setelah pemungutan suara, yaitu jatuh pada tanggal 24 April 2014 berupa laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye.

"Sanksinya tidak ditetapkan sebagai calon terpilih di tingkatan bersangkutan. (Laporan terakhir) ini yang akan diserahkan kepada kantor akuntan publik," kata Ida.

Ida mencontohkan, jika Parpol di tingkat DPD I terlambat melapor kepada KPU Propinsi melewati 24 April, maka caleg yang menang dari partai tersebut di propinsi bersangkutan tak akan dilantik.

"Kita akan umumkan daftar sumbangan dana kampanye 2014 ke publik. Nanti bisa dilihat sumbangan dari parpol berapa, dari calegnya siapa," pungkas Ida. [Bwo]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist