Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:34
PEMILU 2014

KPU Minta Parpol Siapkan Laporan Dana Kampaye

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali mengingatkan partai politik peserta Pemilu 2014 untuk segera mempersiapkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye.

Menurut Komisioner KPU, Sigit Pamungkas sistem pelaporan dana pengurus dan kader parpol yang bakal maju menjadi calon anggota legislatif (Caleg) masuk dan terintegrasi dengan parpol.

"Undang-undang hanya mensyaratkan bahwa yang dikumpulkan kepada KPU itu adalah dana rekening dari dana kampnye partai politik, " kata Sigit, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (9/12/2013).

Berdasarkan Undang-Undang no 8 tahun 2012, kata Sigit, disepakati setiap parpol wajib melaporkan dana kampanye. Didalamnya, parpol juga harus melaporkan asal dana kampanye parpol termasuk laporan keuangan caleg.

"Jadi, KPU hanya memliki rekening partai politik dan dana kampnye parpol," tegas Sigit.

Sehingga, menurut dia, KPU tak berkewajiban untuk memiliki atau meminta rekening dari setiap pengurus parpol. KPU pun akan meminta dana kampanye parpol paling lambat tiga hari sebelum dilaksanakan kampanye terbuka atau kampanye resmi yang telah ditentukan jadwalnya oleh KPU. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist