Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:36
PEMILU 2014

KPU Sebut Parpol Penyebab Golput

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai menurunnya tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suara pada pemilu alias Golput disebabkan pada kekecewaan masyarakat terhadap partai politik (parpol) yang tak kunjung merealisasikan janji kampanye.

"Ternyata yang menjadi faktor utama pemilih tidak menggunakan hak pilih karena kecewa dengan peserta pemilu (parpol). Kalau ada kepala daerah yang melanggar janji juga sama," ujar Komisioner KPU, Arief Budiman, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Dijelaskan Arief, menurunnya tingkat pemilih penyebab paling utama adalah banyak kepala pemerintahan baik ditingkat pusat dan daerah tak membuktikan janjinya kepada konstituen. Sehingga, setiap even pemilu, masalah golput sulit teratasi.

"Orang males, apatis, nggak terdafar di DPT dan nggak peduli. Mungkin karena kecewa nggak bisa wujudkan peran untuk masyarakat," terangnya.

Sekedar informasi, KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2014 sebanyak 186.172.508 pemilih. DPT tersebut merupakan jumlah yang sudah berkurang dari jumlah DPT sebelumnya, yakni 186.612.255 pemilih. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist