Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 28 Juli 2017 03:48
PEMILU 2014

Kemendagri Resmi Bubuhkan NIK untuk 3,3 Juta Sisa DPT

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta.Seruu.com - Dalam rapat pleno rekapitulasi ulang perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan sudah membubuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk sisa 3.327.302 juta pemilih.

Direktur Jenderal (Dirjen) Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil), Irman mengatakan, sebanyak 3,3 juta tersebut sudah dijamin KPU bahwa keberadaan mereka benar-benar ada. Sehingga, pihaknya memutuskan pemilih itu sudah memenuhi standar sebagai pemilik NIK.

"Berdasarkan jaminan KPU tersebut maka Kemendagri menerbitkan NIK bagi pemilih dimaksud," ujar Irman dalam rapat pleno terbuka penyempurnaan rekapitulasi DPT nasional di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Kendati begitu, meski pemilih tersebut telah mendapatkan NIK, tetapi Disdukcapil kabupaten/kota belum diperbolehkan menyerahkan kepada KPU tingkat kabupaten/kota.

Adapun, dalam laporannya, Kemendagri belum bisa membubuhkan NIK kepada 54.692 pemilih. Pasalnya, untuk mereka diketahui belum teridentifikasi datanya secara jelas.

"Antara lain tidak memiliki taggal lahir, tidak ada alamat sehingga Kemendagri belum bisa menernitkan NIK-nya," demikian Irman.

Seperti diketahui, pada 4 November 2013 lalu, KPU menetapkan DPT sebanyak 186.612.255. Namun masih terdapat 10,4 juta pemilih bermasalah tanpa NIK. Belakangan setelah dilakukan penyisiran berkurang menjadi 3,3 juta. Berikutnya, hanya 54.692 saja pemilih yang belum dibubuhkan NIK. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist