Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:33
PEMILU 2014

KPU Legowo Tunda Rekap Ulang DPT Fiktif

Print
Foto Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan siap menunda Rekapitulasi ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 4 Desember 2013 besok. Pasalnya perbaikan DPT tersebut belum rampung alias selesai.

"Ya bisa saja itu diundur. Kan demi kebaikan bersama," ujar Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Menurut dia, KPU tetap memberikan kesempatan bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik memberi catatan terkait perbaikan DPT.

"Prinsip yang dikedepankan KPU adalah melakukan perbaikan, bukan batas waktu kapan penetapan DPT," tambahnya.

Sebab, lanjut Hadar, untuk rekapilutasi ulang besok, KPU sebatas memberikan berita acara perbaikan. Sehingga, berbagai pihak masih bisa memberikan masukan berdasarkan fakta temuan di lapangan.

"Kalau kami prinsipnya kan perbaiki terus, bukan kapan ditetapkan," ujar Hadar.

Selain itu, terkait sisa DPT bermasalah sebanyak 3,3 juta itu, diterangkan dia, pihaknya memungkinkan bakal memasukkan pemilih tersebut di Dafftar Pemilih Khusus dan Daftar pemilih tambahan.

"Angka itu kan terus bergerak. Kan nggak semua 186 juta itu bisa ketemu. Maka 3,3 yang sisa itu kurangnya berapa bisa dimasukan ke pemilih khusus atau tambahan," paparnya.

Diwartakan sebelumnya, KPU sudah menetapkan DPT sebanyak 186.612.255 juta pemilih. Jumlah tersebut masih bisa berkurang. Karena sebanyak 10,4 juta pemilih bermasalah itu, KPU baru membersihkan 7,1 juta. Sisanya, 3,3 juta masih harus disisir petugas KPU di lapangan. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist