Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Minggu, 25 Juni 2017 20:59
PEMILU 2014

Lagi, PDIP Minta Penundaan DPT 4 Desember 2013

Print
Arif Wibowo. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Terkait masih carut marutnya Daftar Pemilih Tetap (DPT), Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Arif Wibowo, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tidak terburu-buru dalam menetapkan DPT pada 4 Desember mendatang.

Menurutnya, ukuran bisa ditetapkan atau tidaknya DPT tersebut adalah mendengarkan masukan pihak lain, termasuk pihak yang berkepentingan yakni, partai politik.

"Tapi kalau KPU mau bersikukuh tetapkan, ya silahkan saja. itu kewenangan KPU," ujar Arif kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2013).

Lanjut dia, jika KPU tetap memaksakan DPT tersebut, maka bisa dipastikan banyak pemilih yang mempunyai hak suara bakal hilang, atau sebaliknya.

Menurut Arif , andai KPU melegalkan pemilih fiktif maka itu pelanggaran, tetapi jika mengabaikan hak kontitusi warga itu juga dianggap pelanggaran.

"Kita khawatir akan kena tindak pidana penghilangan hak pemilih yang diatur dalam UU pemilu kemudian melanggar hak konstitusional yang bisa diseret ke MK," jelasnya.

Hingga kini, antara KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi II DPR RI serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih menemukan selisih berbeda atau angka 'ganjil' antara data temuan KPU dengan Depdagri.

Kemendagri mencatat, DPT tanpa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah diperbaiki sebanyak 6,5 juta dari 10,4 juta DPT bermasalah. Sedangkan, KPU mengklaim sudah melakukan perbaikan DPT bermasalah sebanyak 7,1 juta. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist