Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:45
PEMILU 2014

Perbaikan DPT, Kemendagri dan KPU Tidak Kompak

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekapilutasi ulang hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 10,4 juta pemilih bermasalah.

Namun, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi II DPR RI serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih ditemukan selisih berbeda atau angka 'ganjil' antara data temuan KPU dengan Depdagri.

Kemendagri mencatat, DPT tanpa Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah diperbaiki sebanyak 6,5 juta dari 10,4 juta DPT bermasalah. Sedangkan, KPU mengklaim sudah melakukan perbaikan DPT bermasalah sebanyak 7,1 juta.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan temuan KPU dan Kemendagri masih menemui kendala. Namun kata dia, masih ada waktu dua hari untuk membersihkan DPT bermasalah itu.

"7,1 itu kalo data KPU digabung dengan temuan Kemendagri yang 6,5 juta, masih ada 3,9 juta lagi," ungkap Ferry, usai RDP, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2013).

Selanjutnya RDP tersebut merekomendasikan kepada KPU dan Depdagri untuk melakukan koordinasi guna mengsinkronkan hasil temuannya masing-masing, sebelumnya ditetapkan menjadi DPT pada 4 Desember mendatang. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist