Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 28 Juli 2017 03:34
PEMILU 2014

KPU Tetapkan Coblos Gambar Caleg Dihitung Sah

Print
Ilustrasi. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pemilih yang mencoblos gambar calon legislatif (Caleg) dianggap sah. Sekalipun aturannya pemilih harus mencoblos gambar partai dan nomor urut Caleg.

"Misalnya mencoblos calonnya karena saking senengnya lebih dari satu kali, dalam rangka menyelamatkan suara rakyat itu kita nyatakan sah," jelas Komisioner KPU, Ida Budhiati di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Dari itu, KPU telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan formulir C1. Dimana formulir itu bakal digunakan untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP) hasil penghitungan suara pada pemilihan anggota DPR, DPD, dan DPRD tingkat provinsi serta tingkat Kabupaten/kota.

"Disitu (formulir C1) diberikan hologram dan mikrotech sehingga bisa dikenali. Dulu tidak ada tanda apapun," ujarnya.

Aturan dan langkah tersebut, lanjut Ida, belum pernah dilakukan pada pemilu sebelumnya. Cara itu untuk menguatkan hasil penghitungan suara yang dinyatakan sah dan menjadi dokumen resmi setiap detil catatan saat dihitung suara tersebut.

"Belajar dari pengalaman pemilu sebelmunya, bahwa formulir itu sulit dikenali mana yang asli dan tidak asli, kemudian kami memberikan tanda khusus pada formulir C1," terang dia. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist