Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:49
PEMILU 2014

KPU Siapkan Daftar Pemilih Khusus

Print
Ida Budhiati. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan jaminan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) untuk tetap mendapatkan hak pilihnya pada Pemilu 2014 mendatang.

Pemilih yang belum terdaftar masih mempunyai peluang mendapat hak pilihnya. KPU menyediakan bagi mereka melalui Daftar Pemilih Khusus (DPK).

"Kemudian ada pemilih yang tidak terdaftar mereka tetap bisa memilih dengan syarat datang langsung ke TPS, dengan membawa KTP, KK, pasport," ujar Komsioner KPU, Ida Budhiati, di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Menurut Ida, soal DPK, hal tersebut telah diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang ketentuan aturan pemilu bagi pemilih.

Ida mengatakan, pemilih kategori DPK itu yang masuk dalam butir pemilih tambahan. Sebab, kata dia rezim kontitusi mengharuskan KPU menyediakan sebanyak-banyaknya hak pilih bagi warga negara.

"Nah ini yang kita nomenklatur -kan menjadi DPK tambahan," ujarnya.

Dia menambahkan, dalam aturannya DPK tambahan, pemilih tersebut bisa memperoleh haknya atau bisa dimasukkan dalam pemilih DPK dalam waktu 14 hari sebelum masa pencoblosan. Sehingga, hal itu tidak berbenturan dengan DPT yang sudah ditetapkan. [Simon]

 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist