Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:31
PEMILU 2014

KPU Kesulitan "Deteksi" DPT Tanpa NIK

Print

Jakarta, Seruu.com - Kurang dari seminggu lagi waktu perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus selesai dirampungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, KPU masih menemui kendala dalam perbaikan di daerah.

"Sampai tanggal 25 November ada beberapa catatan di tingkat Kabupaten/kota bahwa memang ada data NIK yang tidak dapat ditemukan," kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Untuk mengantisipasi itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dukcapil tingkat kabupaten/kota untuk melakukan pencocokan data.

Bahkan, lanjut Hadar, KPU mengaku petugas di lapangan bakal mengalami kesulitan jika data pemilih tanpa NIK tak didukung data dari Dukcapil setempat. "Kami berharap mereka bisa bantu," tegasnya.

Sementara itu, tambah Hadar, pembagian tugas perbaikan DPT antara KPU pusat dan daerah berjalan seimbang. Menurutnya, data manual kiriman dari daerah tetap menjadi acuan kuat KPU untuk menetapkan kembali pada 4 Desember mendatang.

"Jadi kalau di daerah dapat, ya kami masukkan. Kalau di pusat dapat, ya kami masukkan," jelasnya.

Seperti diketahui, KPU dituntut wajib merampungkan perbaikan data pemilih bermasalah sebanyak 10,4 juta. Jumlah tersebut merupakan catatan bersama antara KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Partai Politik, saat DPT ditetapkan pada 4 November lalu.

[Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist