Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:31
PEMILU 2014

Ke Luar Negeri, KPU Bantah Tinggalkan Masalah Pemilu Dalam Negeri

Print
Ketua KPU Husni Kamil Manik (Foto : Dhanny krisnadhy/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik mengaku tidak meninggalkan masalah pemilu dalam negeri meski saat ini Komisioner KPU melakukan perjalanan dinas ke luar negeri dalam rangka memberikan bimbingan teknis kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri. Sebab, perjalanan ini telah diagendakan pada akhir minggu saja. Karena disesuaikan dengan ketersediaan waktu, baik dari Komisioner KPU juga Petugas PPLN disana yang mayoritas pekerja dan mahasiswa.

Jadi kalau isunya tugas di dalam negeri terbengkalai tidak. Karena sudah diatur agar dilaksanakan di akhir minggu," -- Husni Kamil Manik

"Jadi kalau isunya tugas di dalam negeri terbengkalai tidak. Karena sudah diatur agar dilaksanakan di akhir minggu," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik dikantornya, kemarin.

Dia mengungkapkan, Komisioner KPU dalam bimbingan teknis di luar negeri penting, karena permintaan dari PPLN ingin berdialog dengan pengambil keputusan di mana kebutuhan-kebutuhan yang mendasar untuk menyelenggarakan pemilu di luar negeri.

"Kita dalam pertemuan itu mnyampaikan evaluasi pemilu 2009 yang jadi perhatian pemilih yg rendah 22,3% (seluruh dunia). Itu menjadi pembahaasan kita bagamana supaya partisipasi besok tinggi, target kita 75%secara keseluruhan," ujarnya.

Adapaun upaya meningkatkan partisipasi, kata Husni, melalui beberapa kebijakan yang sudah dirumuskan untuk Pemilu 2014 yang berbeda dengan pelaksanaan pemilu 2009, misalnya dalam penentuan hari pemungutan suara yang lebih panjang mulai dari 30 Maret sampai dengan 6 April.

"Dicari hari yang cocok untuk menentukan hari bagi pemilih datang ke TPS. Selain itu karena kendala diluar negeri bervariasi, memaksimalkan partisipasi bagi pemilih yang tidak datang ke TPS, misalnya lewat pos surat suara dikirim ke yang bersangkutan, kemudia dicoblos dan dikirim lagi," terangnya. [wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist