Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Selasa, 27 Juni 2017 14:12
PEMILU 2014

NIK Tidak Ada, Daftar Pemilih Tidak Cacat Hukum

Print
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Didik Supriyanto menilai terkait permasalahan ketiadaan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada pada daftar pemilih tetap (DPT) tidak serta merta membuat DPT menjadi cacat hukum.

"Permasalahan atas ketiadaan NIK pada DPT yang telah ditetapkan KPU tidak serta merta membuat DPT tersebut menjadi cacat hukum," ujar Didik di Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Menurutnya, peraturan perundang-undangan hanya menyebutkan bahwa daftar pemilih yang disusun KPU memuat sekurang-kurangnya lima unsur. Satu diantara unsur tersebut adalah NIK sesuai pasal 33 ayat (2) UU Nomor 8 tahun 2012.

"Artinya ketiadaan NIK tidak membuat daftar pemilih menjadi tidak sah, dan juga tidak disebutkan bahwa KPU dilarang untuk menyusulkan pengisian NIK yang masih belum tersedia pada daftar pemilih yang sudah ditetapkan," jelasnya.

Seperti diketahui, KPU sudah menetapkan DPT 186.612.255 pemilih. Namun, Bawaslu dan sejumlah parpol memberi catatan bagi KPU untuk tetap membersihkan data 10,4 juta pemilih bermasalah. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist