Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 23 Juni 2017 12:02
PEMILU 2014

Lemahnya DPT Jangan Dijadikan Lahan Untuk Manipulasi

Print
Fernita Darwis. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meminta partai parpol peserta pemilu 2014 jangan memanfaatkan kelemahan daftar pemilih tetap (DPT) untuk memanipulasi suara dalam Pemilu 2014 agar mendapatkan kursi di DPR, lantaran DPT nasional sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum dengan jumlah 186.612.255. Namun, masih ada 10,4 juta pemilih bermasalah yang harus tetap diperbaiki.

"Ini kan angka 10,4 juta data bermasalah, itu jumlah yang tidak sedikit loh. PPP meminta semua pihak terutama peserta pemilu (parpol) agar tidak memanfaatkan kelemahan DPT ini untuk mendapatkan kursi di Parlemen," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Fernita Darwis saat dihubungi, Rabu (6/11/2013).

Oleh karenanya, dia mengimbau kepada seluruh parpol peserta pemilu untuk tidak memanfaakan kelemahan DPT untuk dijadikan lahan memanipulasi kecurangan suara sehingga berpengaruh pada kursi serta presentase. Dia pun berharap KPU agar serius membersihkan data bermasalah tersebut. Karena jika tidak, tidak tertutup kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan pada Pemilu 2014 mendatang.

"Saya harap KPU segera membersihkan data bermasalah itu ya, biarkan memakan waktu mendekati 9 April (pemungutan suara), yang penting datanya bersih 100 persen," harapnya.

Menanggapi pernyataan PPP, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, sudah membersikan 3,2 juta data dari 10,4 juta data pemilih Pemilu 2014 yang belum ada nomer induk kependudukan (NIK)-nya. KPU sendiri menargetkan 4 Desember 2013 semua data bersih, agar tidak ada warga negara yang kehilangan hak pilihnya.

KPU sudah berkoordinasi dengan Pemerintah dan mengkoordinir KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah masing-masing, yakni dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

"Target ya Sampai tanggal 4 Desember, yang sudah ditindaklanjut dan dibersihkan sudah ada 3,2 juta yang tersebar," kata Ferry, di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2013). [wishnu]



 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist