Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:36
PEMILU 2014

KIPP: Wajar DPT Bermasalah

Print
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) menduga jika kisruh daftar pemilih tetap (DPT) yang terjadi berawal dari daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diserahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ke Komisi Pemilihan Umum bermasalah, seperti tidak adanya nomor induk kependudukan (NIK).

"Karena buruknya data dari Kemendagri berdasarkan pengaduan kawan KIPP Daerah, KPUD menggunakan data pemilih dari Pilkada terakhir (copy paste)," kata Girindra Sandino dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/11/2013).

Sehingga, tidak mengherankan ketika disandingkan DP4 Kemendagri dengan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) terdapat perbedaan yang signifikan, seperti 10,3 juta pemilih yang tidak ada di DP4 namun muncul di DPSHP/DPT.

Sebab itu, KIPP berharap Kemendagri dan KPU memberikan penjelasan yang jujur dan transparan serta perbaikan DPT 10,3 juta pasca pengesahan harus dikawal semua pihak, pemerintah, KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pegiat pemilu dan masyarakat demi kualitas pemilu 2014 yg baik dan terjaminnya hak konstitusional warga negara.

"Juga antisipasi masalah yang akan terjadi seperti persediaan logistik," tandas Girindra Sandino. [wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist