Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Jumat, 28 Juli 2017 03:37
PEMILU 2014

PDIP Minta KPU Tidak Tergesa-gesa Tetapkan DPT

Print
Tjahjo Kumolo. (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meminta Komisi Pemilihan Umum untuk tidak tergesa-gesa dalam menetapkan daftar pemilih tetap (DPT), demi terjaganya pelaksanaan pemilu yang berkeadilan bagi semua pihak. "Juga untuk menjaga citra positif KPU yang sudah terbangun ini," kata Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo dalam pernyataan persnya, Senin (4/11/2013).

Tjahjo mengatakan, pihaknya juga sudah pernah menyurati KPU untuk membagi data pemilih yang bermasalah guna dibantu pencermatannya, namun surat tersebut belum direspon postifi oleh KPU, baru pada rapat di Komisi II DPR data tersebut diserahkan kepada seluruh partai.

Menurut hasil pecermatan PDI Perjuangan, DPT yang akan ditetapkan oleh KPU masih mengandung data pemilih ganda dan duplikasi nomor induk kependudukan (NIK) di seluruh wilayah Indonesia. "Data ganda itu berpotensi mengancam pelaksanaan pemilu 2014," ujar Tjahjo.

Terkait masalah DPT sendiri, PDI Perjuangan berkomitmen membantu lembaga pimpinan Husni Kamil Manik itu untuk memperbaiki daftar pemilih yang bermasalah. "Posisi partai adalah bersama-sama KPU mewujudkan pemilu yang jurdi," tegasnya.

Meski begitu, PDI Perjuangan tetap mengapresiasi seluruh Komisiner KPU yang telah terus menerus dan terbuka dalam upaya mewujudkan keterbukaan khususnya terkait DPT. "Sekarang citra Komisioner KPU lebih positif dibandingkan Komisoner KPU tahun 2009," tandas Tjahjo Kumolo. [wishnu]

 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist