Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:27
PEMILU 2014

Hari Ini KPU Umukan Penetapan DPT

Print
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Setelah menunda penetapan daftar pemilih tetap (DPT) selama 2 minggu kemarin, hari ini Komisi Pemilihan Umum akan menetapkan DPT secara nasional. Selama penundaaan kemarin, KPU terus melakukan langkah-langkah guna memastikan dan melihat sejauh mana keraguan publik. KPU Pusat juga memerintahkan KPU Daerah untuk mengecek kembali nomor induk kependudukan (NIK) yang belum lengkap. "Apakah benar atau tidak ada data yang belum lengkap," kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Kantor KPU, Jakarta, Senin (4/11/2013).


Sigit mengatakan, yang memang tidak memiliki NIK karena memang tidak mempunyai identitas, kepala keluarga (KK) dan sebagian besar ada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). "Jadi seluruh Lapas tidak ada NIK, karena dalam pencatatan di Lapas tidak ada metode yang mencatat NIK, sehingga kami kesulitan untuk lakukan," ujar Sigit.

Lantas mengenai jumlahnya sendiri, Sigit mengaku belum mengetahuinya. Namun pihaknya akan segera meminta keterangan dari Kepala Lapas di seluruh daerah melalui KPU Daerah, bahwa apa yang terjadi itu sedemikian adanya. Selain di Lapas, ada juga masyarakat yang secara sporadik tersebar di beberapa tempat yang memang tidak mempunyai identitas.

Contohnya, lanjut dia, di Mesuji ada masyarakat yang tidak diakui, dan tidak mempunyai nomor identitas. "Itu masalah yang kami temui di lapangan, dan semua masyarakat yang tidak punya NIK itu kami minta keterangan pada aparat setempat bahwa yang bersangkutan adalah warganya, namun tidak memiliki identitas," katanya. [wishnu]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist