Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:46
PEMILU 2014

Pemilu 2014 Harus Diundur

Print
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Partai Kebangkitan Bangsa meminta Komisi Pemilihan Umum menunda berbagai tahapan pemilu 2014 termasuk pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) yang sudah dijadwalkan pada 9 April 2014, lantaran berbagai tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu, baik itu KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) maupun pemerintah dan DPR sebagai mitra kerja, masih terdapat banyak masalah sampai saat ini.
 

Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Imam Nahrawi terkait ketidakpuasan partainya serta ketidak yakinan dirinya bahwa penyelenggaraan pemilu 2014 berjalan sukses tidak seperti pemilu 2004 dan 2009 yang carut marut terutama masalah daftar pemilih tetap (DPT).

"Jadwal tahapan-tahapan itu (DPT, pengadaan surat suara dll) harus di undur. Kalau DPT belum beres, ya harus diundur juga (pemilu 2014) agar pesta demokrasi ini tidak mubadzir dan tidak berkah," kata Imam Nahrawi saat dihubungi, Senin (28/10/2013) kemarin.

Anggota Komisi V DPR ini melanjutkan, penundaan pemilu 2014 tersebut dikarenakan masalah utama atau krusial pemilu, yakni DPT 2014 sampai saat ini masih terlalu banyak pemilih fiktif. Dan, jelas dia, hal itu terbukti dengan ditundanya penetapan DPT Nasional pemilu 2014 sampai 4 November mendatang dikarenakan berbagai laporan dari daerah terutama dari Bawaslu bahwa jutaan pemilih tercantum secara fiktif tanpa Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat, tempat tanggal lahir dan status pernikahan.

"Dan mungkin juga ada warga negara Indonesia yang mestinya punya hak pilih ternyata gak terdaftar. Padahal setiap warga punya hak sama sebagai pemilih dan dipilih," ujarnya.

Dia menambahkan, belum lagi tentang DPT bermasalah ini sudah menjadi rahasia umum sebagai ajang penggelembungan dan pemenangan tanpa proses demokrasi dan hukum yang sah dan benar di setiap penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun. "Karenanya, selagi soal DPT ini belum selesai, maka PKB minta pemilu diundur dulu," tandasnya. [wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist