Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:33
PEMILU 2014

Golkar,PDIP,Demokrat Stabil. NasDem,PBB,PKPI Terancam Tidak Lolos

Print
Foto: Ilustrasi (istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Lingkaran Survei Indonesia kembali merilis hasil survei terbaru pada Oktober 2013, jika pemilu legislatif dilaksanakan hari ini maka ada tiga partai teratas dalam perolehan suara berturut-turut yakni, Partai Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.

Elektabilitas tiga partai tersebut belum bergeser jauh dari elektabilitas pada survei LSI Maret lalu, elektabilitas PDIP cenderung stabil, pada Maret lalu PDIP memperoleh dukungan 18,8 persen, sementara Golkar dan Demokrat cenderung fluktuatif. Meski kokoh sebagai "pemuncak klasemen".

Golkar sendiri sedikit mengalami penurunan dibanding survei Maret 2013. Saat itu, elektabilitas Golkar mencapai 2,2 persen. Sementara itu, Demokrat terus mengalami penurunan dukungan, kini sudah dibawah 10 persen, yaitu 11,7 persen.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan upaya "turun gunung" Susilo Bambang Yudhoyono mengurus partai yang juga melibatkan sejumlah "menteri Demokrat" untuk menjadi pimpinan struktural partai, belum membawa dampak positif kepada Partai Demokrat.

"Diluar tiga partai itu belum ada satupun partai peserta pemilu 2014 yang elektabilitasnya mencapai diatas 10 persen," kata Adjie saat konferensi pers di Kantor LSI, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2013).

Adjie mengungkapkan dari sejumlah tracking survey LSI sejak 2011, elektabilitas partai-partai tersebut masih dibawah 10 persen. Dia menekankan, jika tidak terjadi "tsunami politik" yang maha dahsyat, Golkar, PDIP, dan Demokrat tetap punya kans yang lebih kuat untuk menjadi 3 partai perolehan suara terbanyak dengan elektabilitas diatas 10 persen.

Meski begitu, meski dilanda berbagai kasus korupsi yang melibatkan petinggi partai, Demokrat adalah partai penguasa yang masih punya banyak "amunisi' untuk tetap bertahan di tiga besar. "Jika kinerja pemerintahan dipersepsikan baik dan berbagai program populis yang dibuat jelang pemilu 2014," ujar Adjie.

Sementara itu, jika mengau pada survei Oktober 2013 ini, Parti NasDem, Partai Bulan Bintang, dan PKPI terancam tidak lolos parliamentary threshold 3,5 persen. Berikut perolehan hasil survei yang dirilis LSI Oktober 2013. Golkar (20,4%), PDIP (18,7%), Demokrat (9,8%), Partai Gerindra (6,6%), PAN (5,2%), PKB (4,6%), PKS (4,4%), Hanura (3,4%), NasDem (2,0%), PBB (0,6%), dan PKPI (0,3%). [wishnu]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist