Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:41
PEMILU 2014

PDIP Tetap Menolak MoU KPU - Lemsaneg

Print
Tjahjo Kumolo. (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan , tetap menolak kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU).

"Apakah memang diperlukan Lemsaneg membantu KPU atau tidak. Saya rasa tidak banyak membantu," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo di sela-sela acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Pemenangan Pemilu Pusat PDIP di Hotel JW Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2013).

Alasan pertama PDIP menolak kerja sama itu, jelas Tjahjo, lantaran dari lima ayat yang ada di dalam MoU, empat di antaranya menimbulkan kekhawatiran.

"Pengalaman pemilu (pemilihan umum) lalu dengan kemudahan IT (Information technology) justru menjadi alat untuk memanipulasi data, alat untuk mempropaganda untuk partai politik tertentu yang kemudian diberikan oleh partai," terangnya.

Kedua, menurut Tjahjo, fungsi dan peran Lemsaneg yang menurut mereka memiliki kewajiban dalam pertahanan keamanan negara untuk menangkal serangan dari pihak luar bukan kerjasama dengan KPU.

"Dan kalau dibutuhkan adalah untuk melakukan operasi-operasi tertentu demi kepentingan bangsa dan negara," lanjutnya.

"Prinsip-prinsip yang dipakai oleh KPU kan harus transparan, jurdil, bisa dikontrol, ada partisipasi publik dan sebagainya. Dengan keterlibatan Lemsaneg saya kira tidak memungkinkan itu bisa dilakukan," tutup Tjahjo. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist