Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Senin, 24 Juli 2017 03:42
PEMILU 2014

JK, Mahfud MD dan Jokowi Capres 2014 Paling Kompeten

Print
Jusuf Kalla. (Dok. Seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Jusuf Kalla (JK), Mahfud MD, dan Jokowi merupakan Capres 2014 yang paling kompeten dari 8 Capres, dalam jajak pendapat yang dilakukan The President Center dengan para wartawan politik di Jakarta. JK memperoleh nilai 516, Mahfud MD 484, dan Jokowi 480. Penilaian tersebut berdasarkan sepuluh kompetensi; dari kompetensi pribadi, agama, ideologi politik, ekonomi dan kesejahteraan rakyat, wawasan kebangsaan, hak asasi manusia, penegakan hukum, hubungan luar negeri.

Besarnya angka yang diperoleh JK karena beliau terbukti memberikan harapan ketika menjadi Wapres SBY 2004-2009, sehingga pantas kalau dinilai paling berkompeten -- Didied Mahaswara

Selain itu menyusul di peringkat keempat sampai delapan adalah Prabowo Subianto (373), Wiranto (446), Dahlan Iskan (444), Megawati Soekarnoputri (443), dan terakhir Aburizal Bakrie-ARB yang memperoleh angka 442.

“Besarnya angka yang diperoleh JK karena beliau terbukti memberikan harapan ketika menjadi Wapres SBY 2004-2009, sehingga pantas kalau dinilai paling berkompeten,” tegas Dikretur The Presiden Center Didied Mahaswara pada wartawan di Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Namun demikian menurut Didied, jajak pendapat wartawan politik terhadap ke delapan Capres 2014 tersebut bersifat dinamis dan bisa berubah sampai digelarnya pemilu legislatif pada 9 April 2014 mendatang, karena perkembangan sosial politik tanah air yang selalu berubah.

“Setidaknya, penilaian politik ini bisa menjadi pegangan di mana JK, Mahfud MD dan Jokowi sebagai Capres 2014 paling kuat dan kompeten,” ujarnya. The President Center sendiri akan mengevaluasi jajak pendapat ini setiap tiga bulan sekali.

Sepuluh poin kompetensi yang didasarkan kepada 8 Capres yang terpublikasi tersebut meliputi; Pertama, kompetensi pribadi yang antara lain terkait ketakwaan kepada Tuhan Yang Masa Esa, iman dan takwa, memiliki latarbelakang keluarga yang baik, sehat jasmani dan rohani, dan berwibawa.

Kedua, kompetensi kepemimpinan leadership,  organisasi, pemerintahan, reformasi birokrasi,  berwawasan luas, mampu memotivasi, berani membuat keputusan dan sebagainya.

Ketiga, kompetensi ideologi, politik, dan kenegaraan. Yaitu memiliki implementatif terhadap Pancasila, politik praktis, meredam gejolak sosial politik, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, persatuan antar parpol, menghargai perbedaan pendapat, menjaga hubungan antar lembaga tinggi negara dan sebagainya.

Keempat, kompetensi agama, spiritual dan sosial, meliputi menjaga kerukunan antarumat beragama, menjaga pluralitas, kebhinnekaan, aspiratif terhadap suara rakyat, dan sebagainya.

Kelima, kompeten dalam ekonomi, keuangan, kewirausahaan, koperasi, dan perpajakan. Antara lain memahami perekonomian nasional dan global, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menjaga keuangan negara, mengatasi krisis ekonomi, menciptakan lapangan kerja dengan wira usaha, dan sebagainya.

Keenam, kompeten dalam hal bela negara, pertahanan dan keamanan, hukum, dan HAM, yang meliputi kemampuan bela negara demi keutuhan NKRI, berwawasan nusantara, memahami hukum, melaksanakan konstitusi, pembrdayaan TNI/Polri, intelejen, memberantas terorisme, dan tak pernah melanggar HAM.

Ketujuh, kompetensi dalam sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, dan teknologi meliputi pemberdayaan SDA, sumber daya manusia (SDM), pertambangan, kehutanan, kelautan dan perikanan, mengkritisi kekuatan asing, pengawasan ESDM serta memotivasi untuk kemajuan riset untuk kepentingan bangsa dan negara.

Dan, ke delapan adalah kompetensi dalam hubungan internasional dan LSM asing (NGO), meliputi antara lain mampu meningkatkan Indonesia sebagai negara yang maju sejajar dengan negara lain di dunia, meningkatkan kerjasama antar negara, melakukan kerjasama sekaligus pengawasan terhadap lembaga swadaya masyarakat asing (NGO), dan memahami pemerintahan seluruh negara di dunia dan lain-lain. [Mnf]
 

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist