Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Kamis, 29 Juni 2017 19:34
PEMILU 2014

Lemsaneg Berperan Untuk Proteksi dan SDM

Print
Ferry Kurnia Rizkiyansyah. (Foto: istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan bahwa Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) hanya berada dalam posisi proteksi dan kemajuan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Kita ingin ada penunjangan dari segi kualitas SDM kita, termasuk proteksi data -- Ferry Kurnia Rizkiyansyah

Menurutnya, tugas untuk Lemsaneg agar supaya data setelah penghitungan suara tidak bocor.

"Kita ingin ada penunjangan dari segi kualitas SDM kita, termasuk proteksi data," ujar Ferry, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (30/9/2013).

Namun, Ferry tidak berkomentar secara rinci bagaimana sistem pengawasan yang dilakukan oleh Lemsaneg. Walaupun sebelumnya, sistem pengawasan dilakukan oleh KPU selaku penyelenggara Pemilu.

"Intinya Lemsaneg berperan meningkatkan sumber daya manusia dan melindungi agar tidak ada kebocoran data pada Pemilu 2014. Lembaga tersebut akan melindungi data dengan menggunakan sandi khusus agar tidak bocor," kata Ferry.

Diberitakan sebelumnya, Demi keamanan data Pemilu, KPU bekerjasama dengan sejumlah lembaga negara dan swasta. Pekan lalu, komisi itu menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan lima lembaga negara. Dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Ikatan Akuntan Indonesia, Ikatan Akuntan Publik Indonesia, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia dan Lembaga Sandi Negara.

Kerjasama dengan lembaga yang terakhir itulah yang menimbulkan kontoversi.

Sejumlah partai politik pun mendesak KPU membatalkan kerjasama dengan lembaga yang berkedudukan langsung di bawah presiden itu. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist