Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:25
PEMILU 2014

Bawaslu Umumkan Rekapitulasi Kesalahan dalam Penetapan DPS

Print
Logo Bawaslu. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) umumkan hasil temuan atas sejumlah kekurangan dalam penetapan daftar pemilih sementara (DPS) berupa nama, tempat lahir, tanggal lahir, umur, alamat, nomor induk kependudukan (NIK) serta masih ada kekurangan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Bawaslu, Daniel Zuchron dimana telah terkumpul data hasil pantauan Bawaslu dari sejumlah daerah di 16 provinsi seperti Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumetera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

"Rekapitulasi kesalahan tersebut, bedasarkan hasil pengawasan DPS melalui audit DPS dari Bawaslu Provinsi, yakni 1,733,870 orang di 10,453 TPS (tempat pemungutan suara)," ucap Daniel dalam siaran Persnya, di Media Center Bawaslu, Thamrin, Jakarta, kemarin.

Dengan rincian temuan kesalahan, sebagai berikut :
1. 4.,589 orang namanya tidak benar.
2. 4,808 orsng tempat lahirnya tidak benar.
3. 20,287 orang tanggal lahirnya tidak benar.
4. 12,852 orang umurnya tidak benar.
5. 6,876 orang status perkawinannya tidak benar.
6. 3,166 orangg jenis kelaminnya tidak benar.
7. 5,380 orang alamatnya tidak benar.

Namun menurut Daniel data tersebut belumlah final sehingga Bawaslu masih terus melakukan pemantauan disejumlah daerah.

"Pada dasarnya ini belum final. Dan Bawaslu kontrol penuh penetapan di kabupaten/kota di medio September. Tingkat paling bawah terus lakukan pengawasan," katanya.

Daniel menyatakan, pihaknya akan secara rutin melaporkan perkembangan temuan-temuan di lapangan dalam proses penetapan DPS, DPS hasil perbaikan (DPS-HP), hingga nantinya penetapan DPT. [wish]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist