Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:22
KONVENSI DEMOKRAT

Konvensi Demokrat Lucu, Macam Dagelan Saja

Print
Maswadi Rauf (istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Maswadi Rauf mengatakan konvensi calon presiden yang dilaksanakan Partai Demokrat hanyalah memutarbalikkan pengertian konvensi yang dikenal dalam ilmu politik.

Konvensi seharusnya bisa dijadikan bukti berjalannya kaderisasi, jika kader yang ikut serta adalah kader partai. Bukan malah sebaliknya, dimana orang luar partai dijadikan bakal calon presiden kemudian baru dijadikan kader.

"Bukan sebaliknya jadi bakal calon presiden atau calon presiden dulu baru jadi kader. Semua jadi lucu macam dagelan saja," kata Maswadi saat dihubungi, Kamis (22/8/2013).

Menurutnya proses politik konvensi yang akan digelar Partai Demokrat justru akan melemahkan posisi partai sebagai pilar demokrasi di masa depan. Partai yang seharusnya dijadikan tempat penempaan kader untuk menjadi pemimpin-pemipin bangsa masa depan telah berubah menjadi sebuah tempat mencari jabatan secara instan, tanpa harus melalui proses yang diharapkan dalam demokrasi.

Ia juga melihat para calon peserta konvensi terutama yang dari luar partai adalah calon-calon pemimpin yang tidak mau bekerja membangun demokrasi, karena tanpa kerja untuk demokrasi langsung menginginkan jabatan tertinggi dalam demokrasi.

"Harusnya kan mereka masuk dulu dalam partai, bangun partai dengan ideologi. Jadi orang bergabung dengan partai itu karena kesamaan nilai-nilai ideologi dan perjuangan, bukan semata karena ingin menjadi presiden. Mereka ini adalah calon-calon pemimpin instan," ungkapnya.

Selain itu juga Maswadi mengkritik anggota komite konvensi yang berasal dari luar partai. Menurutnya orang dari luar partai tidak mungkin bisa memahami nilai-nilai ideologi dan perjuangan partai demokrat.

"Lah ini orang luar disuruh memilih, memang meraka paham ideologi demokrat?Aneh sekali orang luar disuruh memutuskan nasib kita sendiri," tegasnya. [wish]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist