Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:26
PEMILU 2014

Survey LSN, Kepercayaan Publik Terhadap Parpol Menurun Drastis!

Print

Jakarta, Seruu.com - Tingkat kepercayaan publik terhadap integritas institusi demokrasi belum memuaskan. Namun, jika dibandingkan dengan institusi hukum, tingkat kepercayaan terhadap institusi demokrasi jauh lebih baik. Meskipun demikian, tidak semua institusi demokrasi memperoleh kepercayaan signifikan dari publik.

Peneliti Lembaga Survey Nasional (LSN) Dipa Pradipta menyatakan, salah satu intitusi yang integritasnya paling kurang dipercaya adalah partai politik (parpol).

"Temuan LSN kali ini, tingkat kepercayaan publik terhadap integritas parpol hanya 42,6%. Sebanyak 53,9% mengaku kurang percaya pada parpol dan sisanya (3,5%) menjawab tidak tahu," kata Dipa saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Dia menambahkan, tingkat kepercayaan publik terhadap organisasi kemasyarakatan (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) juga belum optimal. "Baru sebesar 57,5% publik yang mengaku percaya terhadap ormas, sedangkan LSM 58,5%," imbuhnya.

Survey dilakukan pada 1-10 Mei 2013 di 33 provinsi. Populasi survei adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang minimal berusia 17 tahun.

Jumlah sampel sebanyak 1230 responden. Responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat. Margin of error kurang lebih 2,8% dan tingkat kepercayaan 95%. [gendis]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist