Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:18
PEMILU 2014

Butuh Dana Yang Besar Untuk Jadi Caleg

Print
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Butuh dana yang tidak sedikit untuk bisa duduk menjadi seorang anggota dewan. Tak hanya saat kampanye, para calon legislatif pun diminta sumbangan untuk ke partai dalam rangka pembekalan caleg.

Partai Golkar misalnya, dalam pembekalan caleg, para calon wakil rakyat ini diminta membayar Rp 2 juta per kepala. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, partainya mewajibkan para calon anggota legislati untuk membayar Rp 2 juta. Uang itu digunakan untuk biaya ongkos dan materi pembekalan.

"Kita dikenakan biaya Rp2 juta untuk pergantian ongkos materi pembekalan. Biaya lain tidak ada lagi," kata Tantowi saat dihubungi wartawan, Rabu (3/7/2013).

Dikatakan Tantowi, pembekalan caleg Golkar sudah dilakukan sejak tahun lalu. Sehingga tahun ini, kata dia, partai pimpinan Aburizal Bakrie tidak lagi menyelenggarakan pembekalan caleg. Pembekalan caleg pun, lanjut dia, merupakan suatu sifat yang wajib.

"Pembekalan sudah dilakukan tahun lalu yang diikuti oleh lebih dari 3.000 kader," ujarnya.

Tantowi menjelaskan, sementara acara di Bali beberapa waktu lalu, dilakukan dalam rangka penyegaran caleg. Untuk biaya, kata dia, menjadi tanggung jawab pribadi para caleg.

"Yang di Bali kemarin lebih sebagai penyegaran karena ada isu-isu baru. Tidak ada biaya untuk yang di Bali kemarin hanya saja tiket dan akomodasi menjadi tanggungan peserta masing-masing," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sama dengan Partai Golkar. Untuk pembekalan caleg yang dilakukan oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diwajibkan membayar sebesar Rp15 juta bagi incumbent dan Rp 5 juta bagi para caleg baru. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist