Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:25
PEMILU 2014

Masyarakat Harus Menjadi Penggerak Bukan Objek Penderita

Print
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com- Pilihan mencerdaskan masyarakat, sudah tentu menjadi hal yang wajib untuk sebuah pemerintahan. Mencerdaskan pemilih lewat media salah satunya, pasti harus melibatkan banyak pihak, dan bukan hanya jurnalis itu sendiri, tetapi juga peran elite politisi dan partai politik pun harus ikut serta didalamnya.

Demikian disampaikan pengamat politik The Potical Literacy Institute, Gun Gun Heryanto kepada wartawan  di Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Kata dia, langkah-langkah yang harus ditempuh oleh pemangku kepentingan penyelenggara pemilu. Salah satu langkah yang harus ditempuh adalah, melakukan edukasi politik melalui berbagai pemberitaan di berbagai media baik itu cetak, elektronik ataupun audio-visual.

"Pastinya harus dilakukan kontrol dalam tahapan pemilu. Media massa harus mengupayakan adanya keberimbangan informasi terhadap parpol dan penyelenggara pemilu pun harus melakukan inisiasi jejaring kegiatan literasi politik," ujar Gun Gun.

Lebih jauh, Gun Gun menjelaskan, partisipasi pemilih dalam setiap ajang demokrasi adalah sebuah proses perjalanan.

"Artinya, kepercayaan publik kepada parpol berimplikasi nyata pada meningkatnya partisipasi pemilih. Jadi harus ditegaskan dengan jelas. Pemilih harus diposisikan sebagai subjek penggerak  dalam pemilu, bukan sebagai objek penderita," pungkas dia. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist