Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:17
PEMILU 2014

Jika Ingin Dipilih, Caleg Harus Tunjukkan Identitas Diri

Print
Foto : Ilustrasi

Jakarta, Seruu.com - Peneliti Pemilihan umum (Pemilu) dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Yus Fitiadi menjelaskan bila  caleg ingin dipilih, maka yang bersangkutan harus mempublikasi identitas dirinya.

"Seseorang ketika menginginkan menarik simpati konstituen, harus menampilkan jati diri dan perfoma yang meyakinkan. Kalau kondisinya jangankan menampilkan perfoma, menampilkan identitas diri yang jelas saja tidak mau, terus dimana konstituen akan yakin terhadap caleg tersebut," ujar Yus Fitriadi, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Menurutnya, Komisi Pemilhan Umum (KPU), harus membuat identitas diri caleg dengan lengkap. Tetapi, katanya, jika terdapat caleg yang tidak ingin dipublikasi, KPU juga harus membuat keterangan terhadap caleg yang bersangkutan.

Pengamat Pemilu dari JPPR ini juga berharap agar KPU dapat mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk memberikan masukan secara massif, supaya seluruh masyarakat mengetahui atas penyelenggaraan pemilu.

"Kalau rekam jejaknya caleg agak sulit jika harus di publish mealui media lain, tinggal KPU ngasih alamat downloadnya saja ke masyarakat secara massif. Masyarakat dalam kondisi yang heterogen ini, tidak akan tau informasi siapa saja yang tak muncul identitasnya, kecuali diinformasikan oleh KPU," tandas dia. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist