Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:22
PEMILU 2014

KPU Dibanjiri Laporan Caleg Ijazah Palsu

Print

Jakarta, Seruu.com - Laporan masyarakat menanggapi daftar calon sementara (DCS) DPR yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus bertambah. Laporan masyarakat mayoritas terkait dokumen dan ijazah palsu caleg.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, sampai hari ini sudah ada sekitar 75 laporan. Namun, yang baru diolah dari masukan yang ada sekitar 35 laporan terkait 62 calon legislatif, dengan aduan yang bermacam-macam.

"Masukan terbanyak yang lain menyangkut dokumen palsu atau ijazahnya," jelas Hadar dalam diskusi bertema 'DCS Tak Direspon Publik, Mungkinkah Partisipasi Masyarakat Menurun?' di Media Center KPU, Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Laporan masyarakat terbanyak lainnya juga menyoal ada caleg yang masih menjabat posisi tertentu di suatu partai politik, padahal mereka harus mundur. Seperti anggota parpol lama, Pegawai Negeri Sipil dan kepala desa.

"Ada juga terkait persoalan etika dan moral. Dia ini suka marah-marah di lingkungannya, pernah merobohkan gapura. Bahkan ada yang mengatakan caleg ini tidak pantas, " ujar dia.

Dia pun mengimbau, sejak KPU mengumumkan DCS pada 13 Juni, masyarakat diminta mengkritisi dan memberi masukan terhadap caleg, dan memastikan apakah caleg bermasalah karena kurang syarat administrasi atau etika dan moral. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist