Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:24
PEMILU 2014

Survei IRC : PDIP Partai Paling Dipercaya Rakyat di Pemilu 2014

Print

Jakarta, Seruu.com - Indonesia Research Center (IRC) menyimpulkan bahwa suara Partai Demokrat dipastikan terjun bebas dalam Pemilu 2014. Selain itu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dinilai sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat. Hal itu, didasarkan pada hasil survei yang digelar oleh IRC sepanjang April hingga Mei 2013.


Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka  dengan sampel sebanyak 1.151 responden yang dipilih secara acak. Sampel didistribusikan secara proporsional di 6 provinsi  yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Proporsi responden laki-laki dan perempuan adalah 50:50. Margin of error (MoE) diperkirakan sebesar 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Survei IRC bertujuan untuk melihat tingkat penerimaan masyarakat dan sejauh mana dukungan atau elektabilitasnya terhadap partai politik. “Gambaran perilaku politik ini menjadi penting bagi semua partai politik untuk mengoreksi diri dan berbenah karena jarak perjalanan mereka menuju perhelatan akbar Pemilu Legislatif 2014 semakin dekat,” demikian keterangan tertulis IRC yang diterima seruu.com, Rabu (19/6/2013).


Hasil survei menunjukkan, 17,6 persen responden menyatakan, sebagai partai oposisi, PDI Perjuangan  sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.  Pandangan positif masyarakat di Pulau Jawa terhadap PDIP tidak hanya dilihat dari sisi kapabilitas dalam mengartikulasikan dan mengagregasikan kepentingan rakyat. “Sebanyak 29.6 persen responden juga menilai PDIP sebagai partai politik yang secara konsisten melakukan kontrol dan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan, berbeda sangat signifikan Partai Demokrat dan Golkar yang berada di peringkat kedua dan ketiga,” tulis IRC.


Sementara itu, partai politik yang paling dipercaya rakyat untuk memperjuangkan nasib rakyat, berikutnya ialah Golkar, Demokrat, Gerindra. 12,4 persen responden masih percaya dengan Golkar, sedangkan Demokrat dan Gerindra dipilih 12,3 dan 7,8 persen responden. Kendati demikian, sebanyak 17,4 persen rakyat tidak tahu satu pun partai yang memperjuangkan kepentingan rakyat.


IRC menyatakan, jika dibandingkan, terlihat data yang kontras antara pilihan responden terhadap partai politik di tahun 2009 dan proyeksi pilihan partai politik pada pemilu 2014. "Di satu sisi, Partai Demokrat kecenderungannya mengalami degradasi dukungan yang sangat drastis, di sisi lain Partai Gerindra mengalami lonjakan dukungan yang cukup fantastis," tulis IRC.


Pada tahun 2009, dukungan masyarakat di Pulau Jawa terhadap Partai Demokrat sebagaimana tergambar dalam survei IRC mencapai 29 persen, namun untuk pemilu 2014 diproyeksikan dukungan itu akan “terjun bebas”  pada kisaran hanya 7,5 persen. Sebaliknya Gerindra, pada tahun 2009 hanya mendapatkan dukungan 1.6 persen dari masyarakat Jawa, akan mengalami lompatan dukungan signifikan pada kisaran 11,1 persen.


Berikut Urutan Partai Paling Dipercaya Rakyat

1. PDI Perjuangan (17,6 persen)
2. Golkar (12,4 persen)
3.Demokrat (12,3 persen)
4. Gerindra (7,8 persen)
5.PKB (3,9 persen)
6. PKS (3,5 persen)
7. PAN (3,1 persen)
8. NasDem (2,5 persen)
9.Hanura (2,4 persen)
10 PPP (1,7 persen)
11. PBB (0,3 persen)


gendis

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist