Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:23
PEMILU 2014

Tak Lolos Verifikasi, PPP: KPU Teledor Teliti Berkas

Print
Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M. Romahurmuziy (Foto: Dhanny Krisnadhy/ Seruu.Com)

Jakarta, Seruu.Com - Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M. Romahurmuziy menyampaikan klarifikasi terhadap statement Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menginfokan tidak terpenuhinya syarat keterwakilan perempuan Daftar Calon Sementara (DCS) PPP di Jateng III dan Jabar II.

"Permasalahannya itu tentang KTP bakal caleg perempuan di Jateng III yang itu, KPU tidak melihat adanya resi bahwa KTP terkait, tengah diurus karena  antrian menuju E-KTP yang belum semua tuntas di daerah," ujar Ketua Komisi IV DPR-RI ini, Selasa (11/6/2013).

Terkait keputusan KPU itu, maka Romahurmuziy menilai bahwa KPU bertindak atas keteledoran petugasnya dalam meneliti berkas. Maka pengumuman tersebut bertentangan dengan fakta dan demi hukum harus dibatalkan.

"Di Jabar II, dinyatakan dalam DCS PPP kekurangan perempuan. Kenyataannya, ada nama yang memang mirip laki-laki yang disalahpahami peletakan nomor urutnya sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat," ungkapnya

Menurutnya, sudah 3 orang perempuan dari total 10 bakal caleg di Jabar II. Karenanya, DPP PPP menyatakan melawan pengumuman tersebut dan atas nama hukum meminta KPU untuk mengevaluasi kembali penelitiannya.

"KPU tidak boleh dalam posisi mempertahankan keputusan yang diambilnya atas dasar penelitian berkas yang tidak tepat, dengan berlindung pada keterlanjuran mengumumkan. Ini soal nasib empat ratusan ribu anggota PPP yang kehilangan saluran aspirasinya di dua dapil tersebut, dan soal nasib belasan bakal caleg. KPU harus mengedepankan kearifan, bukan arogansi institusional," tandasnya. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist