Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 02:21
PEMILU 2014

Bawaslu Bisa Gugat KPU Bacaleg Yang Gagal DCS

Print

Jakarta, Seruu.com - Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, hasil keputusan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil verifikasi perbaikan berkas administrasi syarat calon anggota DPR-RI tidak bisa diganggu gugat, kecuali melalui proses pengajuan sengketa lewat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Enggak ada aturannya menolak. Kalau mau menggugat di Bawaslu. Jadi proses di sana. Nanti dari bawaslu akan menindaklanjuti," ujar di Hotel Borobudur, Jakarta,  Senin (10/6/2013).

Menurutnya, kewajiban KPU menetapkan, dan ada aturan-aturan setelah KPU menetapkan daftar caleg sementara (DCS) lalu KPU menyerahkan DCS tersebut. Dalam penyampaian DCS, KPU hanya mengumumkan yang memenuhi syarat semata.

Sebelumnya, sejumlah partai peserta pemilu menolak penyampaian hasil verifikasi perbaikan berkas administrasi syarat calon anggota DPR-RI, yakni Partai Gerindra, PPP, PAN dan PKPI.

Keempat partai tersebut di beberapa sebagian dapil dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), dikarenakan kurangnya keterwakilan perempuan, terkait ijazah SMA yang bermasalah dan lain sebagainya. [Simon]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist