Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:22
PEMILU 2014

Audit Bawaslu Bukan Jadi Penghalang Kinerja KPU

Print
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Hadirnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam mengaudit kinerja Komisi Pemilihan Umum, diakui KPU bukan justru malah menjadi penghalang kinerja KPU. Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay mengatakan hal itu karena Bawaslu yang meminta agar KPU bersedia diaudit dengan metode yang disiapkanya.

"Salah satu cara pengawasan mereka adalah dengan metode audit. Jadi dia akan mengaudit hasil kerja KPU selain mereka mengawasi prosesnya dengan datang mencermati mengobservasi mencatat-catat," kata Hadar, Selasa (28/5/2013).

Menurut Hadar, hal tersebut merupakan permintaan dari pihak Bawaslu dimana memang sudah tugas dan fungsinya dalam pengawasan Pemilu agar berjalan dengan semestinya.

"Bawaslu yang menginisiasi tentu kami menyambutnya saja. Kami tidak minta, kami tahu bahwa mereka punya tugas pengawasan silakan," ungkap dia.

Lebih lanjut Hadar menyatakan pihak dari Bawaslu-lah yang mengajukan permintaan atas pemeriksaan kinerja KPU tersebut secara resmi. "Dan mereka awalnya menulis surat pada kami dan menawarkan niatnya kami sambut baik saja," paparnya.

Lebih lanjut Hadar berpandangan, metode yang digunakan Bawaslu menjadikan kinerja KPU harus diperiksa secara keseluruhan. "Tapi mereka juga memperkenalkan metode audit jadi hasil kerja kami diperiksa oleh mereka," demikian Hadar. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist