Index Berita   Suara Pembaca   Foto   Video   Mobile   Iklan Baris Hari ini: Sabtu, 10 Desember 2016 00:22
PEMILU 2014

Bersih Dari Hukum, Jhonny Allen Tetap Tercatat di DCS Demokrat

Print
Bendera Demokrat (istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Meski beredar kabar yang menyebutkan nama Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Jhonny Allen Marbun telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penggelapan lahan. Tetapi, nama Jhonny Allen masih masih tercatat sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Demokrat.

Hal ini diketahui setelah Partai Demokrat hari ini Rabu (22/5/2013) menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) revisi ke Komisi Pemilihan Umum.

Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan menegaskan dari 560 bacaleg Demokrat yang sudah direvisi yang diserahkan ke KPU, seluruhnya bersih dari permasalahan hukum. Termasuk nama Jhonny Allen.

"Thalib Airmain (Gubernur Maluku Utama), jelas tidak tercatat lagi jadi caleg. Kalau Jhonny Allen masih tetap bersih dan sebagai bacaleg PD. Karena setelah kita tanya ke instansi hukum, termasuk KPK, juga tidak ada (Jhonny Allen tersangkut masalah hukum)," kata Syarief Hasan saat menyerahkan revisi bacaleg Demokrat di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (22/5/2013) dengan didampingi oleh Sekjen PD, Eddie Baskoso Yudhoyono, Wasekjen PD Andi Nurpati, Ketua Satgas Penjaringan Caleg PD Suaidi Marasabessy dan Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP PD Hinca Pandjaitan.

Menteri Koperasi dan UKM ini menjelaskan, partainya baru akan mencoret kader sebagai bacaleg apabila kader maupun tokoh masyarakat lainnya, sudah terbukti bersalah dan ditetapkan sebagai tersangka oleh instansi hukum.

"Yang bebas hukum itu yang sudah ditetapkan tersangka bukan dari persepsi tapi dari instansi penegak hukum. Jadi, kalau sudah dari keputusan instansi hukum, baru kita coret," tegas suami Anggota Komisi VIII DPR Ingrid Kansil ini.

Terkait 560 bacaleg PD yang sudah di revisi, Syarief memaparkan terdapat 26 nama bacaleg baru dari 77 daerah pemilihan (dapil) yang berasal dari kader PD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lainnya.

 "Kuota 30 persen terpenuhi dan ada 26 caleg baru dari 560 caleg karena masukan dari masyarakat dan sejak awal kami dengan kebijakan yang transparan," ujarnya.

Lebih lanjut dirinya berharap, dengan terbebasnya bacaleg PD dari kasus hukum, maka PD tetap menjadi parpol pilihan masyarakat pada pemilu 2014. "Semoga 2014 rakyat tetap memberikan kepercayaan ke PD," tutupnya. [Wishnu]

Galeri Video

Galeri Foto

BURSA IKLAN BARIS

Table 'seruuco_2011.bursa_posts' doesn't exist